Resep Biji Salak Sajian Berbuka Puasa Paling Laris Dan Populer

Resep Biji Salak – Berbuka puasa emang paling enak kalau diawali dengan yang manis-manisa seperti halnya kolak dan juga makanan manis lainnya. Dan untuk kali ini saya akan bagikan resep untuk berbuka yang pastinya manis dan menggugah selera yakni resep biji salak. Eits,, meskipun judulnya menggunakan nama biji salak bukan berarti bahan utamanya adalah biji salak yah sobat,,

Nama biji salak diambil karena olahan makanan sejenis bubur ini memiliki kuah dengan bahan isi menyerupai biji salak yang terbuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat dan berwarna hitam menyeruapai biji salak. Sekarang udah tahu dong apa alasannya. Resep biji salak ini memiliki penggemar yang cukup banyak loh sobat dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Resep Biji Salak

Resep-Biji-Salak-Spesial-Ramadahan-Paling-Populer-dan-Enak

Bukan hanya digemari oleh masyarakan biasa saja kok,,, karena biji salak ini juga digemari orang-orang papan atas seperti halnya pejabat dan juga artis. Jadi bisa dikatakan kalau biji salak ini adalah makanan nasional yang bisa dinikmati oleh siapa pun. Mau tahu informasi selengkapnya seputar tata cara membuat biji salak ini ? Yuk langsung saja kita intip tata cara membuatnya dibawah ini.

Bahan Bubur Biji Salak :

750 air
250 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
3 lembar daun pandan
½ sdt garam

Bahan Biji Salak :

500 gr ubi jalar, kupas, cuci bersih, kukus, haluskan.
100 gr tepung tapioka
½ sdt garam

Bahan Saus Santan Biji Salak :

300 ml santan
2 lembar daun pandan
½ sdt garam
½ sdt tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air

Tata Cara Membuat Biji Salak :

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah campurkan ubi jalar dengan garam tepung tapioka, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil seukuran kelereng. Sisihkan.
2. Langkah selanjutnya rebus air, gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam hingga mendidih. Angkat dan saring.
3. Sekarang masak kembali larutan gula hingga mendidih. Masukkan biji salak, masak hingga biji salak mengapung. Angkat.
4. Berikutnya kita akan membuat saus santannya yah. Pertama rebus santan, daun pandan, dan garam hingga mendidih sambil diaduk perlahan. Kemudian masukkan larutan tepung maizena, maaak hingga santan mengental. Angkat.
5. Sajikan bubur dengan saus santan diatasnya. Biji salak siap untuk disajikan.

Resep-Biji-Salak-Untuk-Berbuka-Puasa-Paling-Nikmat

Rasanya tuh enak banget,,, saya jamin sekali Anda mencobanya bakalan ketagihan dan langsung nambah lagi dan lagi. Daei pengalaman saya pribadi memang begitu, karena baru pertama saya membuatnya dengan porsi kecil ehh gak taunya semua pada suka dan langsung laris manis habis semua tanpa tersisa. Jadi saya selalu membuat biji salak dengan porsi yang lebih banyak. Selamat mencoba resep biji salak dan semoga berhasil.