Resep Rendang Jengkol Rasa Mantap Ala Restoran

Resep Rendang Jengkol – Olahan makanan berbahan dasar jengkol memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi jika sobat adalah orang betawi bisa dipastikan olahan jengkol adalah menu utama yang paling disukai. Jengkol sendiri memiliki citarasa yang gurih dan sangat nikmat diolah dengan rasa sedikit pedas seperti halnya diolah menjadi rendang.

Banyak orang yang suka pete namun tidak menyukai jengkol, padalal kalau sama-sama dimakan rasanya sama enaknya dan mungkin lebih enakkan jengkol. Emang sih setelah memakan jengkol akan menimbulkan bau mulut yang sangat melekat tapi yakin deh,, jika bau mulutnya tuh akan setara dengan kenikmatannya saat dimakan. Mengolah jengkol bukan perkara yang mudah membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sehingga menhasilkan rasa yang nikmat dan pastinya menggugah selera.

Resep Rendang Jengkol

Resep-Rendang-Jengkol-Pedas-Manis-Spesial-Paling-Nikmat

Meskipun masih satu kerabat dengan pete, namun untuk jengkol sendiri harus direbus terlebih dahulu sebelum mengolahnya dengan bebagai menu. Akan tetapi untuk pete tidak jarang kita temui banyak orang menggunakannya sebagai lalapan dengan memakannya langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Mau tahu cara memasak rendang jengkol dengan rasa yang nikmat dan pastinya anti bau ? Yuk langsung saja kita intip ulasan selengkapnya dibawah ini.

Bahan-Bahan Rendang Jengkol :

1 kg jengkol
1 buah kelapa di ambil santan kentalnya (kurang lebih 1 liter)
2 sdt garam
1sdm gula
4 lembar daun salam
2 lembar serai

Bumbu Halus Rendang Jengkol :

20 siung bawang merah
12 siung bawang putih
10 cabai merah besar
8 kemiri
2 ruas kunyit

Cara Memasak Rendang Jengkol :

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rendam terlebih dahulu jengkol di dalam air kurang lebih selama semalam
2. Langkah kedua setelah semalaman direndam, tiriskan jengkol kemudian rebus hingga setengah matang.
3. Setelah setengah matang, angkat jengkol dan memarkan jengkol agar menjadi lebih pipih dengan tujuan jengkol menjadi lebih beraroma dan bumbu bisa lebih merasuk.
4. Sisihkan jengkol terlebih dahulu. Kemudian panaskan minyak goreng dan kemudian tumis bumbu-bumbu halus hingga layu dan beraroma.
5. Masukkan juga daun salam, serai dan juga jengkol.
6. Selanjutnya masukkan air dan aduk hingga merata dan tutup wajan agar jengkol menjadi empuk dan airnya juga berkurang
7. Kemudian tambahkan santan sedikit demi sedikit dan jangan lupa untuk diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
8. Tambahkan bumbu pelengkap seperti garam, gula pasir, dan penyedap rasa sesuai selera dan aduk sesekali.
9. Masak jengkol hingga matang dan kuah menjadi lebih mengental dan berkurang
10. Setelah matang, sajikan rendang jengkol dengan taburan bawang goreng.

Resep-Rendang-Jengkol-Pedas-Menggoda-Rasanya-Nendang-Banget

Caranya emang cukup banyak, namun dengan cara yang banyak dengan tips yang jitu saya jamin jika rasanya nanti pasti akan memuaskan. Ketika sobat menyajikan rendang jengkol ini dimeja makan Anda saat sedang makan nanti pasti semua anggota keluarga Anda akan menyukainya, dan tak hanya itu saja loh sobat. Selain rasanya yang nikmat dan gurih dengan sedikit pedas pasti akan menambah selera makan. Jadi siap-siap yah untuk memasaknya dengan porsi lebih banyak ha ha ha. Ayo tunggu apalagi ? Buruan persiapkan semua bahan-bahannya dan langsung tancap gas didapur rumah Anda. Selamat mencoba resep rendang jengkol dan semoga berhasil.

cara bikin rendang jengkol net