Resep Sate Kere Terpopuler Makanan Khas Keluarga Pak Jokowi

Resep Sate Kere РMasih ingat dong dengan pesta pernikahan anak pak presiden yakni Kahiyang Ayu dan Boby yang memesan sate kere untuk hidangan bagi tamu undangan ?Siapa sih yang tidak tahu, kita dan khususnya masyarakat Indonesia pasti sudah melihatnya,  bahkan ada juga yang turut hadir di pernikahannya. ngelihat di sosmed ada temen yang uploud foto sate kere jadi penasaran dan kepincut untuk membuatnya sendiri dirumah. Dengan menggunakan bumbu sate seperti biasanya eh,,, ternyata rasanya tuh enak banget dan gak kalah sama sate ayam.

Bahkan sangking enaknya dengan dipadu bumbu kacang spesial membuat siapapun yang mencobanya pertama kali jadi bingung karena  rasanya sangat mirip dengan sate ayam. Pertama kali membuat dirumah dengan resep bikin sate ayam sperti biasa, ternyata mampu menggugah selera makan keluarga saya. Saya semakin bangga dengan olahan saya sendiri karena ternyata anak saya pun juga menyukainya.

Resep Sate Kere

Resep-Sate-Kere-Paling-Ngehits-dan-Melegenda

Dari anak yang susah banget kalau makan, jadi sangat lahap saat menyantap sate kere ini. Nah,, bunda sista dari pada kita bingung untuk membuat menu apa hari ini mendingan kita manfaatin bahan yang ada disekeliling kita. Dengan begitu kita bisa menjadi semakin berinovasi dengan menciptakan menu-menu baru yang pastinya tidak terduga. Yuk langsung saja kita intip tata cara membuat sate kere dibawah ini.

Bahan-Bahan Sate Kere :

3 papan / bungkus tempe gembus

Bahan Bumbu Baceman Sate Kere :

1/2 sdm ketumbar
1 butir kemiri
1 cm jahe
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
secukupnya air
Gara, gula merah dan kecap secukupnya

Bahan Bumbu Kacang / Kuah Kacang Sate Kere :

120 gr kacang tanah sangrai
secukupnya santan cair
3 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit
1 cm kencur
3 siung bawang putih
sesuai selera garam, gula

Bahan Pelengkap Sate Kere :

bawang merah mentah
cabe rawit
kecap manis
mentimun

Tata Cara Membuat Sate Kere :

1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah potong memanjang tempe gembus, Haluskan bumbu baceman,tumis bumbu baceman. masak air dipanci(sesuaikan saja jumlah air dengan tempe gembus), masukkan bumbu dan tempe gembus serta tambahkan kecap manis, gula merah dan garam. Masak hingga bumbu meresap dan air mengering.
2. Langkah kedua sangrai kacang tanah dan haluskan. Haluskan cabe, kencur, bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis bumbu. Tambahkan santai cair (sesuaikan selera, kalau mau yang agak kental sedikit aja santannya, kalau mau agak encer agak dibanyakin santan cairnya),terakhir masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan,aduk aduk dan masak hinggan sedikit mengental. (bumbu ini digunakan untuk pencelup dan sekaligus kuahnya)
3. Selanjutnya masukkan tempe gembus yang sudah dibacem dengan sebagian bumbu kacang tanah, kemudian panggang/bakar seperti menyate.
4. Setelah matang, siram dengan kuah kacang dan sajikan dengan potongan bawang merah mentah,mentimun dan cabe rawit yang dicampur kecap manis. Kalau mau lengkap lagi, nikmati dengan lontong.

Resep-Sate-Kere-Spesial-Khas-Solo

Itulah tadi semua bahan-bahan yang harus di periapkan untuk membuat sate kere yang nikmat dan menggugah selera, dengan membuat sate kere ini dirumah saya yakin semua keluarga sobat akan menyukainya dan bunda sista akan menjadi sangat lega ketika semua keluarga memuji kelezatan masakan Anda. Nah,,, tunggu apalagi ? Ayo buruan persiapkan semua bahan-bahannya dan langsung tancap gas didapur rumah Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

resep sate kere dgn kuah